Saturday, November 14, 2015

Softskill Bahasa Indonesia 1#

Soal :

  1.   Ada pepatah yang mengatakan “Bahasa itu lebih tajam dari sebilah pedang”? Jelaskan!
  2. Buatlah karangan singkat mengenai penggunaan bahasa Indonesia dikalangan Masyarakat maupun di keluarga!
  3. Sebutkan kelemahan dan kekurangan mempelajari bahasa Indonesia?

Jawab :

  1.  Pribahasa “Bahasa Lebih Tajam Dari Sebilah Pedang” itu memiliki pengertian bahwa kebiasaan seseorang dalam bertutur kata didalam masyarakat dapat menjadi sebuah senjata yang berbahaya terhadap orang lain, maksud berbahaya disini adalah melalui kata-kata maka seseorang mampu menyakiti perasaan orang lain dengan sangat mudah dengan tanpa perlu membuang energi yang banyak. Untuk itu kita sebagai makhluk yang memiliki akal fikiran sepantasnya menjaga tutur bahasa yang baik agar tidak terjadi kesalah pahaman ataupun orang yang merasa tersinggung.
  2.  Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu Negara Indonesia. Namun masih banyak orang Indonesia yang masih tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Contohnya saja dilingkungan keluarga masih ada keluarga yang menggunakan bahasa daerah untuk berkomunikasi sehari-hari. Selain itu, bahasa pergaulan yang sering digunakan dimasyarakat terutama digunakan oleh remaja. Yang menurut mereka bahasa gaul itu bahasa keren. Sehingga masih sangat kurang penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di lingkungan masyarakat maupun keluarga.Penggunaan bahasa Indonesia di kalangan masyarakat jarang ada yang menggunakannya dengan baik, bahkan mungkin tidak ada. Karena jika dilakukan untuk berkomunikasi secara verbal dan menggunakan penggunaan bahasa yang sesuai EYD dianggap kaku dan aneh. Maka dari itu masyarakat menggunakan bahasa yang sudah biasa mereka gunakan dengan pergaulannya masing-masing.Tidak sedikit juga dari mereka yang menggunakan bahasa pergaulannya dengan benar alias berantakan. Untuk kalangan muda banyak yang menggunakan bahasa pada sosial media seperti facebook, twitter, dan lain lain dengan menggabungkan huruf dan angka, dan mengkombinasikan katanya dengan huruf besar dan kecil yang orang-orang sebut dengan bahasa slang atau bahasa alay.
  3. Kelebihan dan kekurangan mempelajari Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional Negara kita. Bahkan Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu Negara kita. Dengan Bahasa Indonesia kita dapat berkomunikasi dengan pembicara yang mungkin berbeda daerah dengan kita.
Kelebihan mempelajari Bahasa Indonesia :
·         Dengan mempelajari bahasa Indonesia akan berbicara dengan baik dan benar sesuai dengan aturan penggunaan dalam Bahasa Indonesia.
·         Dengan mempelajari bahasa Indonesia yang baik dan benar akan memberikan penilaian sebagai pribadi yang baik dan berbudi di mata teman bicara .
Kekurangan mempelajari Bahasa Indonesia :
·         Orang yang mempelajari Bahasa Indonesia yang baik dan benar akan terdengar lebih kaku dan terlalu resmi.


Sumber : http://ehajulaeha27.blogspot.co.id/2013_10_01_archive.html

0 comments:

Post a Comment